Kamis, 06 Agustus 2009

Tugas Geo 2

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna


Terdapat dua faktor utama yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna yang ada. Terdapat dua garis besar yaitu faktor biotik dan faktor abiotik. Faktor abiotik adalah yang tidak hidup merupakan lingkungan sekitar tempat tinggal kita. Faktor biotic adalah faktor yang hidup, yang dapt merasa serta melakukan adaptasi juga.

Faktor Biotik
Klimatik
Iklim berbeda-beda di setiap daerhanya. Beranakaragam dan tidak dapat jelas betul ditentukan pergantiannya saat ini. Iklim sangat berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna yang ada. Ada flora dan fauna yang tidak dapat beradaptasi di daerah yang selain daerah tempat tinggalnya.

Banyak faktor lain yang termasuk dalam iklim yang mengakibatkan terjadinya persebaran flora dan fauna. Persebaran berdasarkan bagaimana mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan, seberapa jauh mereka dapat bertahan di iklim yang dapat berubah secara ekstrim.

Terdapat komponen-komponen lain dalam ilkim:
- Angin, adanya angina mengakibatkan persebaran flora dan fauna. Angina dapat mengakibatkan tumbuhan tumbuh di berbagai tempat karena serbuknya atau bijinya yang kecil terbawa angina sampai dan tumbuh di tempat lain. Cara persebaran ini sering pula disebut aerogami di dalam mata pelajaran biologi.




- Kelembaban, kelembaban membuat persebaran flora dan fauna makin nyata. Ada flora ynag dapat hidup di aderah yang sangat lembab atau disebut tumbuhan higrofit ada pula yang tidak dapat tumbuh baik di tempat yang lembab. Ada hewan yang dapat tinggal di tempat ynag lembab dan gelap, ada pula yang sama sekali tidak dapat hidup di tempat yang demikian.
- Suhu, suhu berkaitan erat dengan intensitas cahaya yang terdapat disuatu tempat. Ada yang mendapat cahaya lebih banyak, ada pula yang mendapat hanya sedikit, bahkan ada yang sama sekali tidak mendapat cahaya. Suhu berkaitan pula dengan sudut dating sinar matahari, ada yang mendapat cahaya matahari lebih dulu ada yang belakangan. Terdapat pula faktor lain yaitu tinggi rendah suatu tempat yang akan mempengaruhi tingkat suhu. Makin tinggi suatu tempat suhunya makin rendah. Faktor lain yaitu kejernihan atmosfer yang nantinya akan berpengaruh terhadap seberapa banyak sinar matahari yang diterima suatu tempat.
- Curah hujan, curah hujan akan terkait erat dengan kelembaban suatu tempat. Jika curah hujan banyak maka empat tersebut akan lebih lembab dengan tempat yang lain. Curah hujan terbanyak biasanya terdapat di wilayah pedalaman.





Edafik
Edafik merupakan tanah, lebih kepada pengertian dan membahas tentang lapisan tanah yang ada di muka bumi. Tanah sendiri akan menentukan bagaimana flora da fauna beradaptasi. Misalnya saja tumbuhan banyak ynag tidak dapat hidup di tanah yang tandus dan kering, mereka lebih dapat hidup di tanah yang subur ynag banyak mengandung unsur hara. Tanah berbeda pengertian dengan lahan, tanah merupakan materi berimensi 3 yang dapat diukur dengan melihat panjang, lebar, dan dalamnya, sedangkan lahan adalah kesatuan dari seluruh lingkungan abiotik di suatu tempat.
Faktor pembentuk tanah antara lain dari batuan asal yang mengalami pelapukan, atau lava ynag keluar dan mengalami pelapukan. Dapat pula berasal dari zat-zat organic yang tertimbn dan hancur mengalami pelapukan kemudian menjadi tanah.


Relief
Relief berhubungan dengan tanah pula, namun bukan membahas lebih dalam kepada lepisan tanah, hanya membahas tentang permukaan luar tanah. Permukaan tanah dapat berubah-ubah karena adanya pergeseran lempeng dan juga karena adanya erosi yang sering terjadi di muka bumi.


Faktor Biotik
Tumbuhan
Tumbuhan dapat beradaptasi dengan lingkungannya, namun tumbuhan yang ada juga dapat mempengaruhi keberadaan tumbuhan lain dan hewan lainnya pula. Contohnya di tempat yang banyak tumbuhan maka, akan lebih banyak dan beragam jumlah hewannya. Banyaknya tumbuhan juga akan menunjukan seberapa subur tanah di tempat itu.

Hewan
Hewan akan dapat mempengaruhi persebaran hewan lain pula. Dalam hewan dikenal adanya istilah seleksi alam. Yang kuat yang akan bertahan dan dapat mengambil alih suatu tempat.

Aktivitas Manusia
Aktivitas manusia sangat erat kaitannya dengan persebaran flora dan fauna yang ada. Karena manusialah yang paling kuat untuk dapat mengatur hal tersebut. Ada tindakan manusia yang merusak, namun ada pula yang melindungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar